Wednesday, March 2, 2016

kumpulan contoh naskah pidato hari besar nasional

Contoh Naskah Pidato Peringatan 17 Agustus :

Pembukaan Pidato :

Salam,

Bapak-bapak dan Ibu-ibu
Pada hari ini kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa kita dapat berkumpul di sini untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- (...).

Isi Pidato :

    Di hari yang sangat berbahagia ini, saya ingin berbagi sedikit renungan kepada bapak dan ibu sekalian, mengenai nilai baik yang dapat kita ambil dari masyarakat negara lain yaitu jepang. Bahwa “Nilai itu adalah bagaimana mewujudkan suatu target”. Kita semua tentunya harus bekerja karena dengan begitu kita dapat hidup. Akan tetapi pandangan orang lain terhadap pekerjaannya ada yang berlainan. Ada yang menganggap bahwa pekerjaannya adalah hukuman, sehingga banyak yang berkata “ I Hate Monday”, tetapi ada juga yang menganggap pekerjaannya adalah hobi, sehingga seorang profesor di jepang sangat menganjurkan agar kita mencintai pekerjaan kita sehingga terlihat seperti hobi kita sendiri.
    Saya sendiri suka menonton film dan kali ini akan mengajak bapak dan ibu membicarakan satu film, yaitu “Episode Project X”. Dimana dalam satu kesempatan ada satu filosofi seorang peneliti jepang yang berkesan di hati saya. Apa arti pekerjaan atau penelitian bagi anda? Beliau mengibaratkan ide atau kreativitas itu sebagai anak. Saat kita di beri karunia anak, kita sangat bersyukur pastinya. Anak itu kita rawat dengan kasih sayang. Kalau baik kita puji. Kalau nakal kita ingatkan. Tiap hari kita mencucurkan keringat, bekerja agar kita bisa menghidupi anak dan istri kita.
    Selang beberapa puluh tahun, barulah kita melihat jerih payah kita tersebut. Tentunya kita akan sangat berbahagia jika anak kita berhasil di sekolah, ber akhlak baik. Sama halnya dengan ide atau kreativitas. Di dalam film tersebut beliau menyampaikan bahwa :
“cintailah ide itu seperti engkau mencintai anakmu sendiri”.
Bapak dan ibu,
   Bangsa kita tidaklah kalah dengan bangsa Jepang maupun bangsa lain. Banyak rekan kita yang berprestasi di forum internasional. Jadi, secara potensi kita tidak kalah. Hanya saja ada satu kekurangan yang saya rasakan. Kita tidak terlalu tekun dalam mencapai suatu sasaran.

    Di Indonesia seringkali kegiatan dilakukan secara mendadak dan kurang terencana dengan baik. Sehingga hasil yang dicapai pun tidak optimal dan hanya mengejar formalitas belaka. Barang kali hal ini terjadi karena kita kurang mencintai kegiatan atau pekerjaan itu. Tentunya hal ini dapat kita kurangi kalau kita dapat menumbuhkan kecintaan kita terhadap pekerjaan kita.

Penutup Pidato :

Bapak dan ibu yang terhormat,

     Sebagai penutup saya ingin mengutip pesan yang pernah saya dengar dari guru saya. Kata beliau, “Kita memiliki dua buah jam. Yang satu jam harian, yaitu jam yang sering kita pakai sehari-hari di tangan. Dan yang satu lagi adalah jam kehidupan”. Kalau ingin tahu jam kehidupan maka bagilah usia anda dengan tiga. Umumnya usia kita berada pada kisaran 24 sampai 36. Kalau dibagi 3, berarti jam kehidupan kita disini, antara 8 sampai 12. Jam 8 sampai jam 12 adalah masa-masa kita melakukan aktifitas kehidupan fase pertama, pada jam tersebut bapak dan ibu akan sangat aktif dalam bidang pekerjaan.

      Sama juga dengan kehidupan kita. Usia 24 sampai 36 adalah usia dimana otak kita masih encer dan dengan mudah menerima ilmu pengetahuan baru. Ini adalah usia saat kita mencari bentuk dan merintis karir kehidupan kita. Semoga di usia yang amat berharga ini, kita dapat berhasil merintis format karir kita di masa yang akan datang.

Wassalamualaikum wr. Wb.




Naskah Pidato Singkat Tentang Sumpah Pemuda

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati, Bapak wali kelas yang saya hormati, juga dewan guru yang saya hormati, tak lupa juga kepada rekan-rekan kelas 3 yang saya cintai.

Pertama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan nikmatnya berupa kesehatan sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa berkumpul disini dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda.

Naskah Pidato Singkat tentang Sumpah Pemuda
Naskah Pidato Singkat Tentang Hari Sumpah Pemuda

Rekan-rekan dan hadirin yang saya cintai.
Jika kita melihat kenyataan sekarang, orang-orang yang dimanjakan oleh zaman. Kemajuan tekhnologi yang semakin tinggi ini semakin “meninabobokan” kita sehingga tertidur lelap. Telivisi sudah memakai remote, handphone sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Kendaraan yang sudah semakin lengkap dan banyak. Semuanya serba bisa kita temukan di zaman sekarang.

Namun dibalik semua itu muncul suatu kebiasaan baru yaitu kebiasaan bermalas-malasan. Semua kemudahan membuat kita malas untuk melakukan hal-hal yang dianggap sulit.

Jika hal ini kita biarkan tentunya dapaknya akan sangat buruk bagi mereka dan masa depan mereka. Kita bagi kaum muda juga harus mewaspadai penyakit malas ini. Penyakit malas ini sangat berbahaya bagi masa depan kita. Lambat laun kemalasan akan membuat kita tidak bisa berbuat apa-apa ketika kita dihadapkan dengan kerasnya kehidupan.

Rekan-rekan saya yang saya banggakan, maka dari itu mulai saat ini marilah kita singsingkan lengan baju dan bangkitkan semangat kita. Jangan biarkan rasa malas membelenggu kita. Jangan biarkan rasa malas mengungkung kita sehingga kita menjadi generasi pengecut, menjadi generasi yang lemah dan tidak bisa berbuat apa-apa.

Kita harus bisa menjadi generasi yang bisa diandalkan dan dibanggakan. Kita harus mampu menjadi agen pembaharu lingkungan kita. Masa muda adalah masa yang penuh semangat, masa muda adalah masa yang penuh gairah. Mari kita bertindak ke arah yang positif. Kita buat diri kita menjadi contoh kebaikan yang mampu menularkan semangat kepada rekan-rekan kita yang lain.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan, semoga lain kali kita bisa berjumpa lagi. Mohon maaf jika ada salah kata atau kata-kata yang kurang berkenan.
Saya ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb


Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Kebangkitan Nasional :

Pembukaan Pidato Hari Kebangkitan Nasional :

Salam.

Para hadirin yang berbahagia.

Pertama-tama dalam kesempatan yang berbahagia dan penuh bangga ini marilah kita senantiasa bersyukur kehadirat Allah SWT atas segala nikmat dan hidayahnya, sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa hadir dan bermuwajah dalam acara memperingati Hari Kebangkitan Nasional.

Isi Pidato Hari Kebangkitan Nasional :

Hadirin yang saya hormati.

Dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang bertepatan dengan tanggal 20 Mei ini marilah kita bersyukur kepada Allah atas jasa para pendahulu kita yang telah berhasil membangkitkan para kader bangsa dengan meningkatkan pendidikan serta melestarikannya, sehingga mampu bertahan sampai saat sekarang ini.
pidato hari kebangkitan nasional
Semuanya itu adalah hanya karena rahmat serta hidayah-Nya semata. Disamping itu marilah kita sambut dengan bermurah hati terhadap kaum yang benar-benar mengharapkan uluran tangan kita untuk meringankan beban mereka, terutama dalam urusan pendidikan yang akhir-akhir ini banyak menjadi keluhan bagi kaum lemah, karena biaya pendidikan yang terus meningkat, sehingga tidak terjangkau oleh kaum yang berpenghasilan rendah.

Oleh karena itu Allah memberikan pahala yang sangat besar bagi orang-orang yang mau membelanjakan atau mensedekahkan kepada kaum yang sangat membutuhkannya baik diwaktu malam maupun siang hari, baik secara sembunyi-sembunyi maupun secara terang-terangan.

Pentutup Pidato Hari Kebangkitan Nasional :

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan pidato yang singkat ini ada manfaatnya serta diiringi hidayah dan rahmat Allah SWT. Amiin..




Pidato Peringatan Hari Ibu tentang Ibu :

Pembukaan Pidato Hari Ibu :

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa syukur kita kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan anugerah-Nya kepada kita semua, terutama sekali atas nikmat sehat yang telah berikan kepada kita sehingga kita bisa berkumpul bersama-sama dalam acara kita pada hari ini  dalam rangka  memperingati hari ibu, semoga melalui acara seperti ini kita semua menemukan momentum yang tepat untuk selalu merenungi betapa pentingnya peran seorang ibu bagi kita semua.

Tidak lupa sholawat serta salam semoga selalu dan senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang telah menunjukkan kepada kita  tempat dimana surga sebenarnya berada, yang tidak lain yaitu berada di bawah telapak kaki ibu, yang tentunya kita memaknainya bukan secara harfiyah, akan tetapi lebih kepada arti bahwa kita tak akan mungkin menemukan surga kecuali kita menempatkan diri kita dalam kepatuhan dan ketaatan pada ibu.

Isi Pidato Hari Ibu :

Bapak-bapak, ibu- ibu yang saya hormati, hari ini tanggal 22 Desember kita memperingati hari ibu, dengan harapan bahwa pada hari ini kita bisa merenung sejenak tentang peran ibu bagi kita semua.
pidato peringatan hari ibu tentang ibu
Tidak bisa dipungkiri, ibu adalah sebab dari keberadaan dan eksistensi kita di dunia, dan ibu adalah sosok yang berperan penting bagi setiap individu baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat  maupun negara bahkan juga termasuk dalam kehidupan beragama. Karena Ibu adalah orang pertama yang mendidik kita, orang pertama yang menanamkan nilai-nilai dan norma-norma pada  kita, peletak dasar dan pondasi keperibadian pada kita. Maka jika seorang ibu berhasil dalam mencetak seorang individu, itu artinya ia telah berhasil mewujudkan pribadi yang siap dalam mewujudkan keberhasilan sebuah masyarakat, bangsa dan agama.

Tanpa mengecilkan peran seorang ayah, ibu adalah sosok yang berperan penting di balik kesuksesan seseorang. Karena di balik keberhasilan seseorang, di situ terdapat jasa besar, pengorbanan, kerja keras dan do’a dari seorang ibu, tanpa semuanya itu, seberapa hebat pun kita, seberapa pintar pun kita bahkan seberapa berhasil pun diri kita, mustahil kita bisa merasakan kesuksesan yang hakiki, kesuksesan yang di dalamnya terdapat keberkahan hidup dan ridlo dari Allah SWT. Karena keridloan Allah tergantung pada keridloan orang tua, dan sebaliknya kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua, terutama sekali seorang ibu.

Ibu adalah sosok yang penuh kesabaran yang luar-biasa, bahkan seseorang tak akan bisa menemukan sebuah kesabaran pada diri orang lain selain kesabaran yang dimiliki oleh ibunya, karena seberapa besar pun kesalahan yang kita perbuat pada ibu kita, maka Saya yakin, ampunan dan maaf dari ibu jauh lebih besar dari kesalahan yang kita perbuat, dan seberapa dalam pun luka yang kita torehkan pada hati ibu, maka kesabaran dan maaf dari ibu tak akan pernah habis untuk kita, karena sedalam apapun jurang luka di hati seorang ibu, maka nun jauh di dasarnya, kita akan menemukan jutaan maaf  di sana, maka jangan heran jika Rosulullah SAW pernah mengandaikan, jika seseorang diperbolehkan untuk sujud pada orang lain, maka ibu lah sosok yang layak untuk mendapatkan kehormatan tersebut.

Jasa-jasa ibu pada kita sungguh amat tak terhingga, kita tak akan dan tak mungkin bisa membalasnya, dan seberapa besar pun kita mencintai ibu kita, jika dibandingkan dengan cinta ibu pada diri kita, maka kita akan menemukan bahwa cinta kita sebenarnya bukanlah apa-apa dibanding cinta ibu. Cinta ibu pada anaknya adalah cinta tanpa pamrih yang tak mengharapkan imbal-balik apapun, cinta tanpa syarat yang tak memperdulikan apa dan bagaimana pun. Sungguh cinta dari seorang ibu adalah cinta sejati yang suci dan tak terkontaminasi hal apapun, maka beruntunglah kita yang bisa mereguk dan merasakannya.

Maka pada hari ini, pada hari ibu ini, kita diharapkan bisa mengambil hikmah yang terdalam tentang pentingnya peranan ibu bagi kita, sosok yang tak tergantikan oleh siapapun, sosok yang selalu ada ketika kita membutuhkannya, sosok yang selalu rindu ketika kita melupakannya, sosok yang selalu memaafkan ketika kita berbuat salah padanya. Semoga hari ini menjadi momentum terbaik bagi kita untuk mengenang kembali jasa-jasa ibu sehingga kita bisa lebih menghargai beliau, lebih meng hormati beliau dan selalu untuk berbakti kepada beliau.

Penutup Pidato Hari Ibu :

Demikian uraian yang bisa Saya sampaikan, kurang dan lebihnya mohon dimaafkan.



Contoh Naskah Pidato Singkat Hari Guru



Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat.
Bapak Kepala Sekolah, Bapak/Ibu dewan Guru serta para Staff dan siswa siswi yang saya cintai di SMP Negeri 03 Losari.
Tak lupa juga untuk para tamu undangan yang sudah menyempatkan hadir di acara hari ini yaitu peringatan Hari Guru 25 November.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segala nikmat dan hidayahnya kepada kita, sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa berkumpul bersama dalam acara memperingati Hari Guru.

Para hadirin yang saya hormati,
Kita tahu bahwasanya di Indonesia ini sering berganti-ganti kurikulum dan sistem pendidikan setiap tahunnya, jika dibandingkan dengan negara lain mungkin sistem pendidikan di negara kita masih jauh dari harapan kita.
contoh naskah pidato singkat hari guru

Namun bagaimanapun juga, Indonesia sangatlah kaya dengan tenaga pengajarnya yang tak pernah lelah mengajarkan anak-anak bangsa yang mudah-mudahan kelak menjadi manusia yang berguna bagi bangsa kita.

Hadirin yang terhormat,
Di hari Guru ini, saya akan menyampaikan kesan maupun pesan selama saya menjadi Guru atau tenaga pengajar, maka pada hari yang cukup membanggakan ini, marilah kita bersama-sama menjaga erat tali persaudaraan kita dengan sesama tenaga pengajar maupun dengan anak didik kita.

Karena kita tahu, masih banyak Guru-guru yang kurang begitu memahami kondisi siswa dengan cara pengajarannya dan ilmu-ilmu yang kita berikan. Untuk itu saya mewakili segenap Guru SMPN 03 Losari mengucapkan, selamat Hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Semoga ilmu dan amal yang kita berikan kepada anak bangsa diberkahi oleh Allah SWT.

Mungkin hanya ini pidato singkat yang bisa saya sampaikan, jika ada salah-salah kata mohon dimaafkan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.




Pembukaan Pidato :



Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala karunia yang diberikan-Nya kepada kita sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat menghadiri dan melakasanakan acara peringatan Hari Kesehatan Nasional.

Isi Pidato Hari Kesehatan Nasional :



Kita semua tahu bahwa tingkat kesehatan di Indonesia masih belum stabil dalam peningkatan kesehatan penduduknya, melalui peringatan hari kesehatan nasional ini pula saya mengajak kepada rekan-rekan, sahabat-sahabat dan para hadirin semua untuk bersama-sama mengajak keluarga maupun masyarakat di sekitar kita untuk senantiasa menjaga kesehatan jasmaninya.
Contoh Naskah Teks Pidato Singkat Hari Kesehatan Nasional 2015

Hadirin yang saya hormati,
Kesehatan memanglah bukan segalanya, namun jika kita tidak sehat maka segalanya tidak ada artinya bagi kita. Karena kesehatan adalah hak bagi setiap orang maka pelayanan dan perhatian bagi kesehatan masyarakat di Indonesia memang sudah waktunya untuk didahulukan.

Di hari kesehatan nasional ini pula saya ingin menyampaikan bahwa kita sebagai warga negara Indonesia pun harus turut mewujudkan cita-cita bangsa kita yaitu bangsa yang sehat penduduknya, sehat para pemimpinnya dan sehat akan anak-anak bangsanya. Dengan terciptanya penduduk yang sehat maka akan melahirkan pemimpin dan penerus bangsa yang sehat pula.

Penutup Pidato Hari Kesehatan :



Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan di hari kesehatan nasional ini, mohon maaf jika ada salah kata, atas kehadiran dan perhatian dari hadirin semua saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Pembukaan Pidato Hari Anak Nasional



Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan yang sangat baik ini marilah kita bersama-sama bersyukur kehadirat Allah SWT atas segala nikmat dan hidayah-Nya sehingga pada hari ini kita dapat memperingati dan menyambut Hari Anak Nasional dengan mengadakan acara perlombaan untuk anak-anak.

Isi Pidato Hari Anak Nasional



Hadirin yang saya hormati,
Melalui peringatan Hari Anak Nasional tahun ini, semoga kita sebagai masyarakat yang peduli akan pendidikan maupun para orang tua dapat memberikan perhatian yang penuh tanggung jawab dan memberikan segala yang terbaik untuk anak-anak kita.

Seperti yang kita ketahui sampai saat ini masih banyak anak-anak yang kurang perhatian dari para orang tuanya dan masih banyak pula para orang tua yang mendambakan anak-anaknya tumbuh dan berkembang menjadi anak yang berbakti bagi bangsa dan agama. Maka dari itu, marilah kita sebagai orang tua maupun masyarakat untuk mengajarkan segala kebaikan kepada anak-anak agar kelak mereka menjadi sumber daya manusia yang bermanfaat bagi bangsa dan agama.

Semoga melalui acara yang kami adakan untuk anak-anak ini, mereka dapat mengambil berbagai pelajaran dari bidang-bidang lomba yang mereka ikuti, seperti lomba menulis dan lomba menggambar yang akan memberikan pengalaman pada anak agar lebih baik lagi dalam menulis dan menggambar.

Penutup Pidato Hari Anak Nasional



Hadirin yang saya hormati,
Mungkin sekian pidato yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada salah-salah kata. Dengan berakhirnya pidato ini maka saya ucapkan selamat hari anak nasional dan selamat berlomba untuk anak-anak ku semuanya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Contoh Pidato Singkat Hari Kesaktian Pancasila



Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pertama-tama marilah kita senantiasa mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segala nikmat dan hidayah-Nya kepada kita sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa berkumpul bersama-sama dan mengikuti acara peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Hadirin yang saya hormati.
Dalam rangkat Hari Kesaktian Pancasila ini, marilah kita tingkatkan persatuan dan pemahaman kita terhadap faham komunis yang terus menyelinap di tengah-tengah masyarakat. Karena apabila kita tidak waspada dalam waktu yang relatif singkat akan terulang kembali kejadian-kejadian yang serupa pada masa lalu.

Hadirin yang saya hormati.
Disamping itu marilah melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini kita tingkatkan rasa persatuan agar negara kita bertambah hari bertambah baik serta mendapat barakah dari Allah SWT.

Hadirin yang saya hormati.
Demikianlah pidato singkat yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan diiringi dengan hidayah dan ridha Allah, serta bermanfaat bagi kita sekalian. Amiin yaa Robbal Aalamin.
wassalamu'alaikum Wr. Wb



Contoh Naskah Pidato Singkat Hari Pahlawan



Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati.
Pada kesempatan yang baik ini marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat, ni’mat dan taufiq serta hidayah-Nya yang telah diberikan kepada kita sehingga pada kesempatan hari ini kita dapat berkumpul dan berjumpa pada acara peringatan Hari Pahlawan 10 November.

Hadirin yang berbahagia.
Pidato yang akan saya sampaikan kali ini adalah pidato tentang Hari Pahlawan yang bertepatan pada tanggal 10 November hari ini. Dimana peristiwa tersebut terjadi di Surabaya yang setiap tahun kita peringati.

Dalam memperingati hari pahlawan ini marilah kita isi dengan pembangunan baik rohani maupun jasmani dan juga kita isi dengan hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat dan juga negara Indonesia. Kita juga harus mentaati peraturan pemerintah dan tunduk pada negara.

Hadirin yang saya hormati.
Tentang tunduk dan taat pada negara adalah suatu kewajiban bagi warga negara baik dalam keadaan menyenangkan maupun menyusahkan selama tidak merusak aturan.
Dalam urusan taat kepada pemimpin kita tidak boleh memandang kepada orangnya hingga diumpamakan pemimpin itu adalah seorang yang tidak tepat untuk memimpin.

Hadirin yang saya hormati.
Demikianlah pidato singkat yang bisa sampaikan, semoga kita dapat terus memperingati dan tidak akan lupa dengan jasa-jasa para pahlawan kita yang sudah mendahului kita. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi kita semua dan apabila ada salah-salah kata mohon dimaafkan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment

Makalah KUR

MAKALAH  KEWIRAUSAHAAN “ Pengaruh Kredit Usaha Rakyat terhadap UMKM ” ...